Dekorasi Pernikahan Yang Membuat Hari Spesialmu Berkesan

Setiap orang pasti akan mengalami pernikahan, sebuah janji suci nan sakral yang dilewati oleh dua insan yang disatukan dengan kekuatan cinta dan kasih sayang.

Menjelang hari bahagia, banyak yang harus dipersiapkan, mulai dari persyaratan ke KUA, dekorasi, riasan, makanan, undangan, dan masih banyak lagi. Sehingga  kekuatan fisik dan mental pun diperlukan dalam menjalani hari bahagia.

Pernikahan adalah hal yang kompleks, beberapa upacara pernikahan di Indonesia sendiri memiliki banyak ragam dan variasi menurut tradisi suku bangsa, agama, budaya, maupun kelas sosial.

Ketika kita melihat pesta pernikahan, yang ada dipikiran hanyalah sebuah pesta yang mewah, megah dan begitu terpancar kebahagiaan dari kedua mempelai. Harus diakui, sebuah pesta pernikahan  sangat erat kaitannya dengan konsep dan dekorasi pernikahan yang membuat suasana semakin meriah.

Beberapa trend pernikahan kian berubah, misalnya saja karena pengaruh gaya hidup. Kini banyak pasangan muda yang tidak lagi memilih konsep sesuai adat. Misalnya konsep pernikahan modern sama seperti sang idola, atau memang diwujudkan karena impian mereka layaknya negeri dongeng.

Pemilihan dekorasi pernikahan juga akan disesuaikan dengan budget dari setiap pasangan, dengan budget yang minimalis Anda bisa membuat pernikahan Anda tetap sakral dan hangat.

Namun, jika Anda sudah menyiapkan budget yang besar untuk pernikahan juga tidak ada salahnya untuk mengabadikan momen bersejarah dan membagikannya kepada semua orang agar membuat mereka terkesan.

Dekorasi Pernikahan Yang Dapat Menjadi Pilihan

Kini, kian banyak vendor untuk acara pernikahan, selain menawarkan jasa dekorasi, biasanya vendor-vendor ini sudah satu paket dengan riasan, dokumentasi, dan lainnya yang tentu bisa Kamu sesuaikan dengan budget yang Anda punya.

Untuk Anda yang sedang merencanakan pernikahan, maka berikut adalah konsep dan dekorasi pernikahan yang dapat menginspirasi Anda dihari spesial nanti.

Enchanted Forest

dekorasi pernikahan

Memilih tempat pernikahan outdoor dengan banyak pepohonan dapat mewujudkan tema echanted forest ini. Ya, tema utama pernikahan ini yakni membuat suasana hutan mulai dari pepohonan yang hijau, aksen dekorasi bunga, kayu, bambu, dan lilin juga dapat membuat pernikahan kian dramatis seperti menyatu dengan alam.

Rustic Barn

dekorasi pernikahan

Rustic ini memang menonjolkan kesederhanaan dengan gaya pedesaan yang khas. Tetapi agar memiliki dekorasi yang lebih feminim namun tetap natural, kamu bisa mengaplikasikannya dengan ornamen floral dibagian pelaminan.

Rustic sendiri memberikan arti simpel , tak berseni dan kasar.  Namun, Anda berikan rangkaian bunga, ranting, daun-daun dan rerumputan. Sehingga dekorasi pelaminan tidak kelihatan membosankan.

Gaya ini bisa diterapkan pada indoor maupun outdoor loh. Gimana, menarik bukan ?

Baca Juga : Properti Foto Kekinian Yang Bikin Foto Kamu Instagramable

Urban Vintage

dekorasi pernikahan

Vintage sendiri adalah gaya yang identik dengan jaman dulu. Ciri khas dekorasi vintage adalah pada penggunaan properti klasik sebagai elemen utama dekorasi.

Lalu warna-warna yang cenderung soft, ceria dan natural turut menambah kesan manisnya dekorasi pesta tersebut.

Namun umumnya, pada dekorasi vintage memberikan kesan romantis berupa bunga berwarna lembut, sangkar burung, pigura tua, mesin ketik, kotak penyimpanan, meja antik, blackboard, cangkir dan vas bunga antik. Warnanya pun biasanya identik dengan warna-warna yang lembut seperti putih atau pastel.

Sederhana

dekorasi pernikahan

Pernikahan sederhana biasanya hanya dihadiri keluarga, kerabat dan para sahabat terdekat. Budget nya pun sangat minimalis, dan tanpa resepsi. Menikah memang tujuannya hanya untuk mengesahkan ikatan di mata agama dan hukum.

Maka dekorasi pernikahan sederhana cukup simpel, dengan dandanan natural dan pakaian yang sederhana namun tetap cantik.

Beberapa diantara mereka justru memilih dekorasi ini sebagai wujud kesakralan dalam menikah, dan juga tidak menginginkan sesuatu yang berlebihan dan keramaian.

Islami

dekorasi pernikahan

Dekorasi pernikahan Islami biasanya akan diambil unsur-unsur yang terdapat pada pernikahan Negara-negara Islam seperti Arab ataupun Pakistan.

Ornamen-ornamen khas seperti adanya tirai panjang yang digunakan sebagai background pelaminan. Untuk tirai ini bisa diaplikasikan hanya dengan satu warna atau dua warna.

Dalam tema pernikahan islam bunga juga menjadi item yang wajib ada. Biasanya bunga dengan warna kuning, putih, hijau, pink, merah, marun, atau ungu lebih sering dipakai.

Selain itu pohon yang dikeringkan juga sering digunakan sebagai ornamen penghias dalam tema ini. Ciri lain dalam dekorasi yang bertemakan ilsami adalah sebagaimana pengantin wanita yang memakai gaun dengan jilbab syar’i menutup area bagian dada.

Secret Garden

dekorasi pernikahan

Untuk tema pernikahan ini, secret garden dapat diterapkan tidak hanya pada outdoor, namun juga bisa pada indoor. Sebuah vanue yang dibutuhkan hanyalah nuansa taman.

Nuansa taman dapat diciptakan melalui bunga hidup, pepohonan hidup dalam setiap dekorasi. Yang paling mencerminan tema ini adalah sebuah pelaminan yang full dekorasi dengan tanaman dan bunga hidup.

Pernikahan bertema secret garden alias pesta kebun ini sangat identik dengan dekorasi taman buatan, sentuhan nuansa hijau pada meja jamuan dan langit-langit ruangan.

Baca Juga : Berbagai Konsep Bridal Shower Ini Bisa Menjadi Pilihan Yang “Gue Banget”

Industrial Metallics

dekorasi pernikahan

Tema industrial sendiri pada awalnya banyak diaplikasikan pada desain interior sebuah kafe atau restoran. Namun, seiring berjalannya waktu tema ini merambah menjadi tema dekorasi pernikahan.

Konsep yang kental dengan dekorasi sebuah kayu yang terkesan ‘kusam’ juga hiasan bohlam yang digantung di langit-langit ruangan ini menjadi pilihan para calon pengantin sebagai dekorasi yang cozy.

Folk

dekorasi pernikahan

Hampir sama dengan tema-tema outdoor lainnya, tema pernikahan folk juga menonjolkan dan lebih dekat ke alam. Misalnya saja dekorasi dan buket bunga yang lebih banyak dihiasi oleh dedaunan. Selain itu, biasanya gaun pengantin wanita memiliki banyak renda.

Namun, anak muda masa kini banyak yang menyukai jenis tema ini, karena sangat natural dan membuat aura kebahagiaan terpancar pada diri.

Fairy

dekorasi pernikahan

Semua orang pasti pernah mendengar sebuah dongeng dengan kisah yang bahagia. Dongeng itu banyak pula ditampilkan melalui sebuah kartun bahkan film.

Siapa yang tak menginginkan sebuah pernikahan dengan tema Fairy. Ya, Anda akan merasakan menjadi seorang puteri sehari yang ada dalam cerita negeri dongeng.

Ciri utama pernikahan bertema fairy adalah punya banyak hiasan bunga-bunga dengan warna pastel, atau bisa juga mengadopsi dari beberapa cerita disney. Tema pernikahan bak royal wedding kerajaan ini, banyak di impikan oleh semua wanita.

dekorasi pernikahan

Hipster

dekorasi pernikahan

Dengan gaya hipster menggambarkan seorang anak muda yang tertarik dengan produk seperti fashion, musik Indie, film Indie atau apapun asal tidak pasaran atau anti mainstream.

Tema pernikahan ini memberikan kesan casual yang diterapkan pada pakaian si pengantin. Untuk gaun pengantin wanita biasanya memakai gaun berwarna putih. Sedangkan untuk pengantin pria mengenakan suspender atau dasi.

Dekorasi tema pernikahan ini juga bisa jadi pilihan untuk kaum millennial. Sangat berbeda dengan pernikahan yang bertema adat dan sangat konvensional, pernikahan hipster justru sangat santai dan bila dipadupadankan dengan tema vintage dan folk.

Ciri pernikahan ini mulai wedding gate unik yang dihiasi kepala rusa dan untaian bunga, hingga pemilihan busana pernikahan yang lebih santai.

Movie Theme

dekorasi pernikahan

Anda pecinta sebuah film ? Kini Anda bisa mewujudkan pernikahan seperti dalam film-film kesayangan Anda. Pesta pernikahan yang bertemakan film ini cukup unik dan menarik.

Dalam dekorasi pernikahan ini tentunya banyak menampilkan ornamen dari sebuah film tersebut, misalnya saja film star wars dengan adanya kostum robot disekitar pelaminan.

dekorasi pernikahan

Film atau serial TV fiktif populer lainnya juga dapat diadopsi menjadi tema pernikahan, seperti Game of Thrones, Harry Potter, Lord of The Rings, film Disney, dan lain-lain. Agar lebih terkesan unik Kamu juga bisa tampil maksimal dengan berdandan seperti para tokoh dalam film tersebut.

Perpaduan Adat dan Modern

dekorasi pernikahan

Kini, banyak calon pengantin memilih untuk memadukan tema tradisional dan modern pada konsep pernikahan mereka. Pasalnya, adat masih harus ada untuk menghormati tradisi dan menghargai tanah kelahiran.

Misalnya saja pada pagi hari di acara ijab qobul menggunakan tema adat jawa, riasan pengantin seperti sanggul dan kain khas. Lalu dilanjutkan dengan resepsi pernikahan bergaya modern pada malam harinya, pengantin menggunakan jas dan gaun cantik.

Biasanya perpaduan ini sangat terasa pada dekorasi dan hiasan, misalnya ada beberapa batik, riasan sanggul, dan aksesoris kayu pada adat jawa. Namun, dipadupadankan dengan bunga, tanaman hidup, dan pernak pernik lainnya nan cantik.

Dari segi makanan pun kian beragam, mulai dari makanan khas daerah tertentu, hingga makanan western, Chinesse, dan lain-lain yang sangat terasa perpaduannya.

Fun

dekorasi pernikahan

Dekorasi pernikahan yang beragam membuat para calon pengantin dapat menyesuaikan dengan kepribadian mereka. Namun, sebuah pernikahan tak selalu dibuat romantis dengan ratusan bunga.

Pernikahan dengan tema fun atau menyenangkan ini dapat menjadi alternatif agar pernikahan Anda tidak terlalu kaku. Ciri dari pernikahan dengan tema fun ini warna-warna cerah dapat digunakan sebagai dekorasi.

Dekorasi pernikahan dari bunga kertas warna-warni, pita, kincir angin penuh warna, bunting flag dan lain-lain yang dapat dijadikan ornamen pendukung dengan tema fun.

Beach

dekorasi pernikahan

Sebuah pemandangan eksotisme pantai kerap kali dipilih calon pengantin untuk mewujudkan pernikahan romantis. Pemandangan alam yang sudah indah pun tak perlu lagi diberi dekorasi mewah, dilengkapi  nuansa serba putih yang terkesan simpel, modern dan anggun.

Dekorasi pernikahan dengan tema beach wedding bisa dilaksanakan hanya dengan menggunakan beberapa kursi yang dilapisi kain berwarna putih atau biru. Lalu hiasi pesta pernikahan Anda dengan bunga warna-warni.

Hiasan natural dan gaun dengan warna putih membuat suasana semakin romantis dan hangat.

Suara angin dan  deburan ombak di tepi pantai akan membuat pernikahan Anda lebih hikmat. Dijamin tema semacam ini pasti membuat hari bahagia Anda akan mengesankan bagi siapa saja yang datang.

Shabby Chic

dekorasi pernikahan

Dekorasi bunga dan lace memberi sentuhan feminin nan romantis pada pernikahan Anda. Pilihan warna pastel seperti biru pucat atau pink, serta bordir dan lace akan menyempurnakan tiap detailnya.

Gaya shabby chic ini memang seringkali didominasi dengan warna-warna pastel dan motif floral, menyuguhkan dekorasi yang tampak feminin. Mulai dari motif taplak meja jamuan, hingga tirai pada dekorasi photo booth.

Elegant dan Glamour

dekorasi pernikahan

Dekorasi pernikahan elegan dan glamour didominasi warna-warna lembut seperti putih, ivory, pastel atau nude pada dekorasi adalah kunci untuk membuat pesta pernikahan yang cantik, elegan dan mewah.

Biasanya dekorasi glamor dilakukan dalam sebuah venue yang luas dan langit-langit yang tinggi. Tentunya untuk menyiasati ruangan, diperlukan beberapa properti dekorasi yang berukuran besar dan tiang-tiang atau pun pilar tinggi.

Efek glamour bisa diakali dengan detail kristal atau pun swarovski. Rangkaian bunga-bungaan akan memenuhi venue mulai dari area masuk lokasi, lounge, dan tak terkecuali setiap pojokan.

Sementara warna-warna yang paling banyak dipilih adalah gold, silver dan putih. Umumnya, orang-orang yang berada di perkotaan lah yang sering menggunakan konsep ini.

Ethnic or Multicultural

dekorasi penikahan

Dua budaya yang digabung kan adalah ciri yang khas pada pernikahan etnik atau multikultural. Tradisi, budaya dan keluarga yang  digabungkan  menjadi satu kesatuan yang indah.

Menampilkan warna-warna yang kaya seperti emas, merah dan hijau serta tambahkan dekorasi etnis khas daerah Anda berasal. Tema pesta etnik ini akan semakin sempurna dengan mengundang penari, pemusik atau entertainer lainnya yang menampilkan kesenian daerah Anda.

Tradisional

dekorasi pernikahan

Tradisional memang selalu melekat dengan sebuah adat. Pernikahan adat memang sangat kompleks dan lumayan rumit, mulai dari riasan hingga prosesinya yang panjang.

Meskipun demikian, banyak orang yang memilih pernikahan adat karena dianggap sakral dan memenuhi aturan dari para leluhur.

dekorasi pernikahan

Dekorasi pernikahan tradisional biasanya bernuansa sakral dan megah. Maka dominasi warna-warna kuat dan tambahan unsur gemerlap, misalnya elemen silver ataupun gold, seringkali ditemukan.

Meski kuat dan gemerlap, dekorasi tradisional tidak meninggalkan kesan elegan, romantis dan modern.

Whimsical wedding

dekorasi pernikahan

Whimsical memiliki arti “aneh”, namun pada whimsical wedding yakni memiliki arti konsep pernikahan yang berbeda, baik dalam dekorasi dan item pendukung lainnya.

Tema whimsical membuat tema dekorasi lebih “playful”, tidak terlalu serius, dengan aksen modern. Warna-warna neon dan cerah termasuk mint, peach, pink, dengan sentuhan emas pun selalu diminati.

dekorasi pernikahan

Pada dasarnya disini banyak ornamen baru yang membuat pesta pernikahan unik dan menarik. Misalnya kue pernikahan yang diganti dengan tumpukan donat atau cupcakes.

Tema unik dan menarik ini agar membuat suasana baru pada sebuah pesta pernikahan. Misalnya, pesta pernikahan di taman yang tiap sudut dan kursi nya dihias balon warna-warni, atau tatanan bangku setengah lingkaran agar tamu bisa fokus pada kedua pengantin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *